Career Development Center

UPT. PUSAT PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KARIR MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Thursday, 25 Apr 2024

Apa Saja Bagian Penting Yang Harus Dicantumkan Dalam Sebuah CV?

Berita Jobseeker | 24 Juli 2018 13:24 wib Apa Saja Bagian Penting Yang Harus Dicantumkan Dalam Sebuah CV?
1. Data Pribadi

Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya yang Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu mencantumkan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut bisa menghubungi. Pastikan no handphone dan emailmu aktif.


2. Pendidikan

Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti.


3. Keterampilan Yang Dimiliki

Dalam bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari satu bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi computer.


4. Training Yang Pernah Diikuti

Masukkan daftar pelatihan/training apa saja yang pernah Anda ikuti sebelumnya  untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.


5. Prestasi

Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya. Prestasi di bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.


6. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan

Anda perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan.




Sumber : https://gajimu.com/tips-karir/kiat-pekerja/apa-saja-yang-harus-dicantumkan-dalam-sebuah-cv

Dilihat 5072 kali
Link