Loading...
Wednesday, 22 Aug 2018

CDC UNSRI

PUSAT PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KARIR

5 Alasan Mengapa Curriculum Vitae (CV) itu Penting Saat Melamar Pekerjaan

Berita Jobseeker | 10 February 2018 06:41 wib
Begitu melamar pekerjaan, kamu pasti dimintai untuk menyertakan curriculum vitae atau riwayat hidup. Kalau selama ini kamu pikir menulis curriculum vitae itu penting apa ada nya aja, sebaiknya kamu ubah cara pikirmu, karena hal ini adalah hal yang pertama kali menentukan keberhasilanmu mendapatkan pekerjaan. Berikut alasan yang dilansir dari totaljobs.com mengapa CV itu penting:

1. Menunjukan kesan pertama.

Sebelum rekruter memanggilmu untuk interview, mereka akan melihat CV-mu terlebih dahulu. Para rekruter akan berusaha untuk melihat kepribadianmu dari lembaran kertas yang menuliskan riwayat hidupmu itu. Secara tidak langsung melalui CV kamu memberikan kesan pertama kepada rekruter.

2. Memperlihatkan profesionalitas.

Saat masuk ke dunia kerja tentu kamu sudah harus bersikap profesional, karena hal itulah yang dibutuhkan. Maka dari itu, tunjukan profesionalitasmu sejak awal.

3. Menarik perhatian.

Pastikan kamu menulis curriculum vitae yang dapat membuat rekruter tertarik untuk membaca CVmu pertama kali dibandingkan dengan CV orang lain. Caranya adalah dengan mendesain CVmu dengan menarik dan berbeda dari yang lain, namun tetap terlihat profesional.

4. Menjelaskan dirimu secara singkat.

Dalam curriculum vitae, kamu tentu menuliskan data dirimu dan juga prestasi serta pengalaman apa saja yang sudah kamu kerjakan. Namun jangan sampai kamu terlalu bertele-tele menuliskannya. Tulislah semua itu dengan singkat namun padat dan juga jelas.

5. Menonjolkan kemampuanmu.

Setiap orang tentu mempunyai kelebihan dan kelemahan, untuk itu tulislah kemampuanmu dengan jujur tapi jangan sampai terlalu berlebihan. Agar kelebihanmu lebih terlihat, jangan tuliskan kelemahanmu.

CV yang baik bisa membuatmu menemukan pekerjaan yang baik. Jangan sampai karena CVmu kurang menunjukan hal-hal diatas kamu jadi belum mendapatkan pekerjaan impianmu.


Sumber: http://blog.jobsmart.co.id

Link
Dilihat 1270 kali