Loading...
Sunday, 20 Sep 2020

CDC UNSRI

PUSAT PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KARIR

Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS)

Berita Umum | 25 August 2020 11:13 wib
Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS)

Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang berfokus pada 7 (tujuh) tema pelatihan yakni CCNA Network Engineer, CCNA Cyberoperation Specialist, Cloud Computing, Core System Administration, Java Programming, Database Design and Programming with SQL, dan Data Science. Penyelenggaran pelatihan ini bermitra dengan 5 global tech companies yakni Amazon Web Service (AWS) Educate, Cisco Networking Academy, IBM Indonesia, Oracle Academy, dan Red Hat Academy. 

Pelatihan ini terselenggara di 55 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelatihan ini ditujukan bagi lulusan D3/D4/S1 bidang TIK, MIPA, dan Teknik lainnya dibuktikan dengan ijazah/SKL serta belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0. Pelatihan FGA ini diselenggarakan sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 ini dengan berbagai tema pelatihan. Penyelenggaraan program FGA pada tahun 2020 ini akan berlangsung selama 210 Jam Pelatihan (JP) secara daring (online). Di akhir pelatihan, peserta akan diberikan pembekalan pasca pelatihan berupa pengembangan soft-skill selama 12 JP. 

Perguruan tinggi dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai dengan skema pelatihan. Di akhir pelatihan, peserta yang memenuhi ketentuan akan mendapatkan kesempatan mengikuti program sertifikasi industri sesuai dengan tema pelatihan yang diambil. 

Diharapkan, dengan terselenggaranya program FGA ini, dapat memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan S1 dan D3/D4 yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi. Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor privat, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.



PENDAFTARAN : https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA






















Link
Dilihat 814 kali