Loading...
Wednesday, 12 Dec 2018

CDC UNSRI

PUSAT PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KARIR

Skill yang Perlu Dipelajari untuk Upgrade Karir Anda di Tahun 2018

Berita Umum | 05 January 2018 11:26 wib
Menguasai skill yang kita geluti saja ternyata tidak cukup, kita juga perlu menguasai skill yang mendukung keahlian utama yang kita miliki. Persiapkan diri Anda di tahun 2018 ini yaitu dengan membuat rencana revolusi hidup Anda. Salah satu hal yang perlu Anda rencanakan adalah tentang skill yang perlu dipelajari untuk upgrade karir Anda. Anda perlu untuk menginvestasikan waktu Anda untuk mempelajarinya.

Berikut ini ada 5 macam skill yang perlu Anda pelajari untuk upgrade karir Anda :

1. Communication Skill

Skill komunikasi ini meliputi kemampuan berbicara, mendengarkan, membangun hubungan, hingga menulis. Skill ini sangat penting untuk dikuasai agar tujuan Anda dapat tercapai dengan efektif, seperti ketika mengutarakan ide atau gagasan, menjual suatu produk, mengkomunikasikan kesulitan yang dihadapi agar ada jalan keluarnya, membangun jejaring, membangun kerjasama, dan masih banyak lagi hal dalam pekerjaan apapun yang membutuhkan skill komunikasi yang baik. Berlatihlah agar Anda menjadi komunikator yang handal. Orang yang mempunyai skill komunikasi yang sangat baik akan lebih mudah untuk naek level dalam karirnya.

2. Interpersonal Skill

Skill dalam membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain (interpersonal) ini sangat bergantung pada skill komunikasi Anda. Setiap harinya Anda berinteraksi dengan rekan kerja, bos, bawahan, custumer, supplier, atau siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Kemampuan membangun hubungan ini akan membuat pekerjaan Anda berjalan dengan baik. Kemampuan membangun hubungan ini menjadi pondasi dalam membangun kerjasana tim, membangun networking, mengambil hati konsumen, dan akan disukai oleh banyak orang.

3. Learning Skill

Di zaman modern saat ini, akses untuk belajar apapun sangat terbuka luas. Tinggal apakah Anda memiliki kemauan untuk belajar terus menerus. Skill belajar ini dapat terus diasah dengan membaca buku, berita-berita, mengikuti seminar, dan lain-lain. Pembelajaran ini sebagai upaya agar tidak ketinggalan informasi. Informasi yang didapatkan pun harus dapat diseleksi, dicerna, dan diolah menjadi informasi yang menguntungkan bagi Anda maupun perusahaan Anda. Dengan meningkatnya pengetahuan Anda, maka kompetensi Anda juga akan meningkat, begitu juga dengan peningkatan karir Anda.


4. Management Skill

Kemampuan merencanakan, melaksanakan, mendelegasikan dan mengontrol suatu pekerjaan ini sangat penting. Terlebih bila Anda ingin naik karir Anda menjadi posisi manegerial.


5. Problem Solving Skill

Banyak orang cerdas, namun belum tentu memiliki kemampuan problem solving. Orang yang memiliki skill problem solving adalah yang jeli melihat akar masalah lalu mencari solusinya. Untuk mengasah skill problem solving ini, Anda harus belajar teliti, pantang menyerah, selalu berfikir positif, tidak mudah mengeluh, tidak mudah melimpahkan kesalahan ke orang lain dan kreatif mencari solusi.


Sumber: www.qerja.com

Link
Dilihat 683 kali